Rekomendasi Tempat Wisata di Gresik yang Populer

Tempat Wisata di Gresik – Tak populer seperti kota Malang dan Batu, kabupaten Gresik adalah sebuah wilayah yang terletak di bagian utara Pulau Jawa, yang berada 150 km lepas pantai Laut Jawa. Kabupaten Gresik berdekatan dengan kabupaten lamongan, kabupaten sidoarjo, kabupaten Surabaya, Kota Mojokerto, serta Selat Madura. Sebagai kota industri dan kota santri, menjadikan Gresik berperan penting dalam dunia industri sebagai pendukung utama kota Surabaya.

Selain fakta tersebut, Kabupaten Gresik juga mempunyai potensi wisata alam, wisata sejarah, wisata religi dan wisata kuliner yang sangat menarik untuk di jelajahi dan di coba loh!, . Apa saja tempat wisata di Gresik jawa timur yang harus anda kunjungi. Nah, simak lebih lengkapnya hanya di matakaki.com

Rekomendasi Tempat Wisata di Gresik yang Populer

Bukit Jamur Bungah

Photo by @meikasantoso

Wisata Bukit Jamur Gresik ini merupakan wisata alam yang terbentuk secara alamiah karena proses alam. Orang-orang disini menyebut Bukit Jamur dikarenakan bentuknya seperti jamur, tapi jamur ini raksasa loh. Kalau dilihat dari kejauhan tampak seperti sekumpulan tumbuhan jamur yang berada di sekitar persawahan.

Bentuk batu jamur ini memang sangat unik dan cantik, bukit jamur ini menjadi destinasi wisata Gresik favorit instagrameble masa kini. Kalau ingin berkunjung ke sini diusahakan memakai sunblock saat siang hari, waktu terbaik berkunjung ke bukit kapur ini biasanya di sore hari dengan suasana yang lumayan adem bersemilir angin dan dapat menikmati senja.

Bukit Kapur Suci

Photo by @gresiktourism

Kali ini kita akan bergeser ke Bukit kapur suci, merupakan bukit yang berada di desa Suci kecamatan manyar kabupaten gresik. Tempat wisata di gresik ini sangat terkenal karena berdekatan dengan Gresik kota baru atau yang disebut( GkB ). Wisata Kota Gresik ini sangat mudah di jangkau, dari arah Giant GKB jarak tempuh sekitar 1 km untuk menuju kelokasi tersebut.

Gunung kapur Sekapuk

Photo by @aldijulian212

Gunung ini merupakan pegunungan kapur yang sangat eksotis dan sangat indah di pandang mata. Daerah yang cukup luas di dominasi oleh bebatuan kapur dengan ketinggian 500 mdpl. Proses pembentukan ornamen gunung ini disebabkan karena aktivitas manusia maupun mesin penambangan. Di gunung kapur tersebut lokasi spot untuk berfoto sangat banyak tinggal kita saja yang harus pintar memotret dari sudu yang berbeda.

Gunung Kapur Gowaru

Photo by @goji_ujung_aspal

Gunung ini merupakan pegunungan kapur yang sangat eksotis dan sangat indah di pandang mata. Letak lokasi gunung kapur Gowaru ini berada di desa Banyuurip, kecamatan Ujung pangkah, Kabupaten gresik, gunung ini berdampingan dengan gunung kapur Sekapuk. Banyak sekali aktifitas yang dilakukan disini mulai dari penambangan batu kapur, pembuatan batu kapur untuk dijadikan dinding rumah atau sebagai pondasi rumah.

Kalau kita ingin kesini berhati-hatilah karena tempat ini bukan tempat wisata melainkan tempat penambangan, jadi kita harus lebih menjaga diri agar tidak terhindar dari hal yang tidak kita inginkan. Yang menarik dari gunung kapur Gowaru ini adalah bentuknya yang beraneka macam, menciptakan keindahan tersendiri dari setiap sudut.

Rekomendasi  18 Wisata Pantai Di Malang Selatan Terpopuler Saat Ini

Gunung Surowiti

Photo by @wisata_bukit_surowiti

Gunung surowiti merupakan gunung yang berada di desa Surowiti, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik. Di atas gunung ini terdapat perkampungan penduduk asli surowiti, di area ini terdapat jua goa langsih dan juga banyak spot foto dengan view yang menarik loh.

Bukit Bintang Gresik

Foto: @maul_mindset05

Bukit bintang gresik merupakan tempat wisata yang nyaman dan asik untuk nongkrong anak-anak muda terlebih saat malam hari kita dapat melihat gemerlapnya lampu kota Surabaya disini, juga bisa melihat stadion Gelora joko Gamudra, Semen Gresik dan Jembatan Suramadu.

Wisata Alam Gosari

Photo by @wisataalamgosarisekapuk

Wisata Alam Gosari atau yang populer disebut WAGOS ini merupakan objek wisata alam yang berada di Desa Gosari Kec. Ujungpangkah, Gresik. Wisata ini baru berdiri sekitar tahun pertengahan 2017.

Wisata alam ini memadukan spot foto yang sangat unik dan menarik yang belum pernah ada di Gresik, meskipun wisata ini sangat baru tetapi pengunjung yang datang tidaklah sedikit, setiap harinya selalu ramai didatangi para pengunjung apalagi bila musim liburan telah tiba. Pengunjung yang datang kesini di dominasi para remaja hingga orang dewasa beserta para keluarga.

Muara bengawan solo Pangkah Wetan

Photo by @Foto: @liya_awwaliyah

Wisata ini merupakan ekowisata mangrove susur sungai bengawan solo yang berada di Desa Pangkah Wetan, Kec. Ujungpangkah, Gresik. Sekitar aliran sungai bengawan Solo ini merupakan ekosistem mangrove yang sangat rapat, dengan didominasi banyak jenis-jenis mangrove yang berada di dalamnya. Wisata tersebut merupakan terobosan baru tempat wisata di gresik dan diharapkan menjadi wisata kekinian yang berada di kota pudak. Wisata Gresik ini baru saja di resmikan menjadi salah satu wisata terbaru yang sangat populer bagi masyarakat Gresik dan sekitarnya. Wisatawan yang datang kesini akan disuguhi area swafoto yang kekinian dan instagrameble banget guys.

Banyuurip Mangrove Center

Foto: @nurulfauzhi

Wisata Banyuurip Mangrove Center ini merupakan wisata ekosistem Mangrove yang berada di Desa Banyuurip Kec. Ujungpangkah, Gresik. Dengan adanya jembatan yang sangat panjang di keliling hutan mangrove wisatawan dapat menikmati keindahan alam ini. Adapun fasilitas yang disediakan disini cukup lengkap, seperti toilet, tempat parkir, gazebo dan mushola.

Agrowisata Desa Pangkah wetan

Photo by @@surya.permanaputra.92

Agrowisata desa Pangkah Wetan merupakan wisata petik buah yang baru berdiri di di desa Pangkah Wetan, Kec. Ujungpangkah, Gresik. Tempat wisata di Gresik dan sekitarnya ini, pengunjung dapat memetik buah di kebun seluas 200 hektare, buah yang bisa di petik diantaranya: buah rambutan, nanas, mangga, dan juga jeruk nipis.

Mangrove Manyar

photo by @bendottetapsemangat

Mangrove Manyar merupakan ekowisata mangrove yang berada di desa Manyar, Kec. manyar, Gresik. Disini pengunjung dapat menikmati keindahan ekosistem Mangrove nan hijau dan lebat, ada juga jembatan panjang yang disediakan untuk sekedar berjalan jalan mengitari ekosistem mangrove tersebut.

Wisata Goa Langsih Gresik

Photo by @bang_ipul

Terletak di desa Surowiti, Kec. Panceng, Gresik. Goa ini mempunyai kisah histori pada zaman wali songo karena di gua ini di jadikan tempat bertapa dan berkumpul para wali songo. Goa ini pun cukup luas ada tempat tidur, ruang tamu dan juga tempat bertapa.

Wisata Petik Buah Naga

Photo by @fina_rahmayati

Wisata petik buah naga ini salah satu wisata petik buah naga yang berada di Gresik. Terletak di desa Kebonagung, Kec. Ujungpangkah, Gresik. Anda dapat memetik buah naga langsung dan memakanya, kalau membawa pulang di kenakan biaya per kg sebesar Rp. 20.000,00 tiket masuk sebesar Rp10.000,00 saja. Tempat wisata di Gresik yang satu ini cukup populer di telinga para warga Gresik.

Excotic mengare

Photo by @dwiratihlestari80

Excotic mengare terletak di desa mengare, kecamatan manyar, kabupaten gresik. Tempat ini penuh dengan sejarah, ada juga pantai pasir putih yang cukup luas dan di sebrang pantai juga ada bekas benteng vederburg. Tempat ini bisa d jadikan untuk camping ground bagi pencinta alam, di sekitar area pantai dapat dijumpai kawanan kera yang lumayan banyak.

Wisata Goa Gelang Agung

Photo by @aikchemizt

Wisata Goa gelang Agung merupakan wisata yang berada di desa Melirang, kecamatan Bungah, kabupaten Gresik. Goa ini termasuk kedalam goa prasejarah yang masih ada hingga kini, bentuk goa itu seperti gelang yang sangat besar. Namun sangat disayangkan goa itu tidak cukup terawat.

Air Terjun Patar Selamat

Foto: Disparbud Gresik

Terletak di Desa Patar Selamat Kec. Sangkapura. Air terjun ini mempunyai ketinggian ± 12 m. Tempatnya sangat indah serta di sekitar lokasi banyak dijumpai kera dan ayam hutan berkeliaran. Anda akan di buat betah berlama-lama disini memanjakan mata dan menenangkan pikiran, tempat wisata di Gresik yang satu ini sering menjadi destinasi Air terjun favorit di Pulau Bawean

Rekomendasi  Objek Wisata Baru yang Unik dan Hits di Tasikmalaya

Air terjun laccar Bawean

Photo by @muchtar_djai

Terletak di Desa Kebun Teluk, Kecamatan Sangkapura, Pulau Bawean, kabupaten gresik. Merupakan wisata Air terjun yang sangat eksotis dan indah, Air terjun ini mempunyai ketinggian ± 25 m, dengan air yang mengalir cukup deras dan membawa ketenangan bagi jiwa. Dinding Air terjun sangat unik seperti bangunan arsitek alam yang bagus.

Danau Kastoba Bawean

Photo by @tarra_herwinata

Keindahan alam pulau bawean memang gak ada duanya, seperti salah satu spot wisata alam yang satu ini. Namanya adalah Danau Kastoba, rimbunnya pepohonan dan warna air yang kehijau-hijauan yang berada di kawasan danau ini bener bener menyejukkan mata. Terlebih lagi banyak burung yang bernyanyi merdu. Terletak di Desa Paromaan, Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik.

Penangkaran Rusa di Pulau Bawean

Foto: @beny.faza

Rusa Bawean merupakan rusa endemik yang berada di pulau Bawean. Penangkaran rusa ini terletak di Beto Gebang Pudakit Barat kec. Sangkapura. Kurang lebih sekitar 10 kilometer dari Sangkapura, dengan waktu tempuh kurang lebih 30 menit perjalanan. Rusa disini cukup banyak sekitar 30 ekor, awal mula rusa ini di temukan oleh warga sekitar 2 pasang dan beranak pinak menjadi banyak. Kalau berkunjung ke pulau bawean jangan sampai anda lewatkan tempat wisata di gresik yang satu ini

Pulau Gili Noko

Photo by @ratihsukmaresi

Pulau yang satu sangat indah, berada di Pulau Bawean, kabupaten gresik. Pulau kecil dengan hamparan pasir putih yang lembut terdapat tamanan kecil hijau yang merata di tengah membuat wisatawan akan terpikat ke indahnya. Air lautnya yang bersih berwarna biru muda dan tenang membuat wisatawan betah berlama-lama disini

Pantai Mayangkara Gresik

Foto : edyraguapo

Pantai Mayangkara Gresik adalah salah satu tempat wisata pantai yang berada di desa kepuhteluk, kecamatan tambak, kabupaten gresik. Pantai Mayangkara Gresik ini merupakan pantai yang sangat eksotis, dengan area yang cukup luas pantai pasir putih dan deburan ombak yang cukup tenang.

Pantai Ria Gresik

Photo by @gresiktourism

Wisata Pantai Ria Gresik adalah salah satu tempat wisata yang berada di Pulau Bawean Kabupaten Gresik. Pantai ini masih sangat sepi nan asri, didominasi oleh bebatuan yang berada di pinggir pantai dan warna air yang cukup jernih. Pantai ini menjadi destinasi tempat wisata di gresik terpopuler untuk melepas penat bagi orang” yang disibukkan dengan keseharianya, khusunya di Pulau Bawean.

Pantai Kuburan panjang

Photo by @baweanislandtrip

Pantai Kuburan Panjang ini disebut juga makam Doro Sembodo. Berada di tepi laut Desa Lebak Kecamatan Sangkapura. Makam ini merupakan makam yang dikeramatkan oleh penduduk setempat karena disamping mempunyai kekuatan magis terpendam juga mengandung nilai historis tinggi. Kalau anda berkunjung kesini anda harus mematuhi aturan adat dan istiadatnya agar aman terkendali.

Pantai Mombhul Pulau Bawean

Foto: @beny.faza

Pantai yang satu ini merupakan wahana wisata baru yang berada di Kecamatan Tambak, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik. Namun pesona pantai ini tidak kala menarik dengan pantai-pantai lain yang berada di pulau bawean. Setiap liburan akhir pekan pantai ini selalu ramai dengan wisatawan

Pantai Delegan

Photo by @arisandy_name

Pantai Delegan adalah sebuah pantai pasir putih yang sangat eksotis dan merupakan tempat wisata di gresik yang terkenal. Oleh karena itu pantai ini menjadi destinasi favorit saat liburan telah tiba, di hari-hari biasa pantai ini juga sangat ramai pengunjung. Di pantai ini pengunjung dapat bermain pasir dan juga menikmati pemainan yang di sediakan pihak pengelola pantai.

Tanjung Gaang

Photo by @zayn_gifaldaft

Tanjung Gaang merupakan hamparan batu karang yang sangat luas di atas laut dengar warna air biru jernih. Anda dapat menikmati deburan ombak yang menghantam batu karang dan terlihat ikan kecil-kecil disela batu karang. berada di Dusun Somor-Somor, Tanjung Kima, Gresik. Untuk menuju ke lokasi ini, kamu pun harus menyewa sebuah perahu nelayan dari Pelabuhan Gresik. Selain gugusan karang yang indah Tanjung Gaang memiliki pesona alam bawah laut yang tak kalah menarik.

Rekomendasi  40+ Tempat Wisata di Bandung yang Hits di kalangan Wisatawan

Sendang Banyu Biru

Photo by @gresiktourism

Terletak di desa Lowayu, Kec. panceng, kabupaten gresik. Sendang ini tidak terlalu luas dengan warna air yang biru terlihat bagus jika dipandang mata, tempat ini biasanya dijadikan tempat nongkrong yang asik bagi para kaum muda gresik.

Dynasty Water World GKB Gresik

Photo by @tinajacobus.tw.tj

Merupakan Wisata wahana Air yang terbesar di kota Gresik Jawa Timur, Dynasty water world menjadi salah satu tujuan wisata para wisatawan baik dari Gresik maupun luar daerah Gresik. wahana yang ada di sini diantaranya kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, seluncuran, arena bermain dan juga sungai buatan yang mengalir airnya. Jadi bagi anda yang datang kota gresik jangan sampai melewatkanya.

Wisata Religi di Gresik

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

📷 : @myteryo89

Merupakan tempat wisata religi yang banyak di kunjungi dan juga termasuk kedalam wisata religi walisongo. berada di Jl. Malik Ibrahim, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Tempat wisata di Gresik Jawa Timur ini selalu ramai didatangi para peziarah baik hari biasa maupun hari libur.

Makam Sunan Giri

Photo by @gresiktourism

Makam sunan giri merupakan wisata religi yang berada di kabupaten Gresik Jawa Timur. Makam ini termasuk paket ziarah wali songo bagi peziarah dan pada hari tertentu makam sunan giri ini akan sangat ramai begitu pula hari-hari biasanya.

Klenteng Kim Hin Kiong

Photo by @gresiktourism

Klenteng Kim Hin Kiong merupakan salah satu klenteng tertua di Jawa Timur. Tempat ibadah ini menggambarkan keberagaman, sebab tak jauh dari klenteng ini juga terdapat Masjid Jami’ Gresik dan Gereja Pantekosta GPdI Gresik. Awal mula berdirinya klenteng ini. Lokasi klenteng berada di jl dr. Setia Budi Gang Klenteng no. 56 Kelurahan Pulopancikan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

Wisata Sejarah di Gresik

Situs Giri Kedaton & Makam Raden Supeno

Photo by @rully_photography

Situs ini adalah peninggalan Sunan Giri Gresik yang pada zaman dahulu dijadikan sebagai tempat pesantren atau kerajaan islam yang didirikan oleh sunan giri pada abad ke 15. Di situs yang seluas 1 hektare ini berdiri sebuah masjid yang terakhir dipugar tahun 1990-an. Ditempat ini biasanya bayak dijumpai wisatawan yang sekedar ingin melihat atau menikmati keindahanya.

Kampung Kemasan Gresik

Photo by @hzspirit

Kampung kemasan gresik merupakan kampung bersejarah di kota gresik terlihat bagaimana bangunan-bangunan tua ini masih berdiri kokoh disini. Mengingat pada zaman dahulu kota gresik ini menjadi pelabuhan utama perdagangan yang cukup ramai pada masanya. Lokasi berada di Gg. III No.15, Pekelingan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61115

Kawasan Kota Lama Gresik

Photo by @robi_p8photo

Kawasan ini merupakan kawasan yang sangat bersejarah bagi kota Gresik Jawa Timur. Bagaimana tidak disini lah pusat kota Gresik yang sangat ramai mengenal pada masa lampau gresik menjadi pelabuhan terbesar di jawatimur karena wilayahnya yang strategis. disini banyak bangunan tua yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Tempat Nongkrong di Gresik

Taman Bundaran

Terletak di Bundaran Gresik Kota Baru taman ini cukup strategis lokasinya dikarenakan berada di tengah” tempat keramaian di Gresik. Merupakan tempat nogkrong favorit bagi komunitas sketboard, komunitas sepatu roda dan juga bagi kaum muda mudi warga gresik dan sekitarnya. Bangunan taman ini cukup luas dan juga designnya sangat modern seperti taman-taman kota pada umumnya.

Bendung Gerak Sembayat

Tempat ini merupakan bendungan yang sangat besar berada di desa sidomukti, Kec Bungah, Gresik. Bendungan ini merupakan bendungan yang berada di Bengawan Solo di bangun pada tahun 2011 dan sudah selesai pada pertengahan 2016. Tempat ini sangat ramai para remaja yang biasa nongkrong sore hari di sekitar wilayah BGS, ada banyak warkop yang berjejer disini anda bisa mencoba untuk bersantai di sini sambil menikmati matahari tenggelam.

Semoga dengan informasi yang dapat kami sampaikan tentang tempat wisata di Gresik ini bisa menjadi referensi untuk liburan anda. Ya, anda bisa mencari rekomendasi tempat wisata lainnya di www.matakaki.com yang sudah kami rangkumkan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.