9 Tempat Wisata di Flores yang Populer dan Mendunia

9 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Flores – Flores merupakan sebuah pulau yang letaknya berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur ( NTT ) . Sebenarnya nama asli pulau ini ialah Nusa Nipa (Pulau Ular) yang memiliki luas 14.300 km². Tidak hanya luas wilayah yang besar, Flores juga merupakan pulau yang indah dan menakjubkan.

Inilah 9 tempat wisata yang ada di Flores.

Taman Nasional Komodo

Komodo national park
Explore dolan @j_anandary

Taman Nasional Komodo merupakan kawasan Warisan Dunia UNESCO yang berada Pulau Komodo, Rinca, dan Padar serta pulau kecil lainnya. Selain ciri khas dari adanya hewan purba komodo, panorama savana dan bawah laut nya juga sangat mempesona.

Photo : @animalikeyou

Yap semua sudah pada tahu kan dengan komodo. Si komo ini semakin terkenal dan mendunia semenjak habibat asli mereka taman nasional komodo dinobatkan sebagai salah satu nominator tujuh keajaiban dunia yang baru. 👏 Baca juga Keindahan Pulau Komodo Dengan Sejuta Pesonanya

Bulan-bulan ini adalah musim kawin Si komo. Dengan bahasa latinnya Varanus Komodoensis ini tidak banyak orang tahu bahwa komodo betina dapat berkembang biak tanpa harus dibuahi sang pejantan. Liat aja foto diatas betapa susahnya jadi pejantan harus fight dulu untuk dapat kawin dengan sang betina. Mangkanya betinanya ogah-ogahan malah berkembang biak sendiri 🤣
Hewan yang hanya terkonsentrasi di sekitar pulau komodo dan beberapa habitat kecil di utara pulauflores lebih tepatnya di pularinca, Pulau Flores, Gili Motang dan Gili Dasali. Nah kenapa Komodo hanya ada di Pulau Komodo dan sekitarnya? Setelah mimin petakan, ternyata Pulau Komodo dan sekitarnya terisolasi dari dua pulau besar pulau sumbawa dan Pulau Flores. Di kedua pulau besar tersebut ternyata ada gunung api yang aktif sampai sekarang, sedangkan di wilayah Taman Nasional Komodo (TNK) tidak ada gunung api yang aktif. Komodo juga hidup di utara Pulau Flores , tepatnya di zona gunung api purba. Lagi-lagi, mereka hidupnya menghindari gunung api aktif di selatan loh gaes!!! 🤔

Rekomendasi  Wisata Pulau Lengkuas, Bumi Laskar Pelangi

Dengan panjang rata-rata 2 sampai 3 m dan berat massa sekitar 70 kg ini terbilang hewan langka dan terancam punah. Disarankan untuk tidak berpakaian warna merah saat bertemu dengan si komo. Gak perlu mimin kasih tahu kenapa alasannya kan Hihi 😳 Yang terpenting saat berkunjung kesini dan berpas-pasan dengan si komo tetap berhati-hati dan taati peraturan disana ya gaes!!! Agar maen kamu kesini aman dan menyenangkan Anda dapat memancing, snorkeling, menyelam, berkano, dan berkemah di Taman Nasional Komodo ini.

Danau Kelimutu

Danau kalimutu NTT
📸 : @bryn_north

Danau Kelimutu ini berada di puncak Gunung Kelimutu, danau ini dikenal sebagai Danau Tiga Warna. Danau ini memiliki fenomena alam yang sangat aneh sekaligus menakjubkan, dimana tiga kawah ini memiliki jarak yang berdekatan, namun memiliki warna air yang berbeda. Keren ya gengs!

Pantai Merah (Pantai Pink)

Pink Beach
(📷: @thenomad📍: Komodo Island, Indonesia)

Pantai dengan pasir berwarna merah muda tidak hanya dapat ditemui di Pulau Lombok, namun ternyata dapat ditemukan juga di Flores, tepatnya di Taman Nasional Komodo. Warna pasir merah pantai ini akan nampak terlihat jelas saat tersapu oleh ombak.

Air Terjun Cunca Wulang

Air Terjun Cunca Wulang
Photo @gotravelly

Air Terjun Cunca Wulang terletak sekitar 300 meter timur Labuan Bajo, disini terdapat 3 air terjun utama. Anda perlu trekking kurang lebih 30 menit untuk mencapai air terjun cunca wulang ini. Nikmati pemandangan tebing yang indah mirip dengan Green Canyon dan air sungai yang berwarna biru jernih.

Pulau Kanawa

Pulau Kanawa
Photo by @mountnesia

Keindahan pantai dan keindahan bawah laut di pulau ini sangat mempesona. Pada sore hari air laut disekitar Pulau Kanawa ini akan surut, sehingga para wisatawan bisa dengan mudah melihat beberapa biota laut yang ada disini, seperti bintang laut dan kepiting-kepiting kecil.

Rekomendasi  Wisata Pulau Gili Labak Sumenep, Surga Tersembunyi Di Madura

Rumah Pengasingan Soekarno

Rumah Pengasingan Soekarno, Desember 1948 - Februari 1949.
Rumah Pengasingan Soekarno, Desember 1948 – Februari 1949. Photo by @andiydtm

Rumah ini merupakan tempat Presiden RI pertama Soekarno menjalani hukuman pengasingan sebagai tahanan politik di Ende, Flores (1934-1938). Rumah sederhana itu tidak bernomor dan berada di tengah rumah-rumah penduduk yang beratap ilalang.

Cancar

Photo by @ferdiantiojs

Di tempat ini anda bisa melihat keunikan sawah dengan formasi berbentuk seperti jaring laba-laba, warga setempat menyebutnya lingko. letaknya berada di Desa Cancar, sekitar 15 km dari Ruteng, merupakan kota kecil yang sejuk di kawasan pegunungan.

Goa Liang Bua

Photo by @herpars

Goa Liang Bua merupakan sebuah objek wisata yang sangat unik. Dimana Liang Bua dulunya merupakan rumah bagi orang-orang bertubuh pendek (Homo floresiensis), seperti hobbit di film Lord of The Rings, yang dulu mendiami lokasi tersebut.

Goa Batu Cermin

Photo by @juventiatjoa

Goa Batu Cermin ini terletak sekitar 4 km dari Labuan Bajo. Goa ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat mempesona. Terdapat sebuah tekstur fauna laut di dinding goa dan ketika gua ini terkena oleh sinar matahari sejumlah bebatuan di goa ini akan tampak bercahaya.

Apakah Artikel ini Bermanfaat ?