Tempat Wisata Di Daerah Kulon Progo Jogja dan Tiket Masuk

Tempat Wisata di Kulon Progo – Hampir diseluruh kabupaten di provinsi DI Yogyakarta mempunyai tempat wisata yang cukup bagus dan keren, seperti halnya di Kulon Progo. Kulon Progo sendiri merupakan salah satu kabupaten yang berada di ujung barat Jogja dan berbatasan langsung dengan kabupaten Magelang. Di wisata Kulon Progo anda akan di suguhi oleh pemandangan Bukit Menoreh yang sangat indah.

Jadi, apabila anda ada agenda liburan ke Jogja dan ingin menghabiskan waktu beberapa hari disana, ada baiknya untuk menjadikan Kulon Progo sebagai salah satu tujuan liburan anda. Sebagai tambahan referensi, berikut ini kami sudah menyediakan beberapa pilihan tempat wisata di Kulon Progo yang menarik dan bisa anda jelajahi di Kabupaten Kulon Progo. Yuk, langsung saja simak berikut ini.

1. Wisata Alam Kalibiru

Photo by @azxxin

Wisata Kalibiru merupakan tempat wisata baru di Kulon Progo yang akhir-akhir ini lagi sedang naik daun. Kalibiru Jogja adalah sebuah nama desa sekaligus hutan wisata yang berada di kecamatan Kokap, Kulon Progo. Di wisata alam Kulon Progo ini para pengunjung bisa menikmati trekking berlatar belakang pepohonan hijau.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru :

Rp. 10.000/ orang (tiket masuk)
Rp. 2.000 parkir motor
Rp.5000 parkir mobil

2. Wisata Puncak Suroloyo

Photo by @dhian_hardjodisastro

Puncak Suroloyo terletak di Pegunungan Menoreh Kulon Progo. Tempat wisata di Kulon Progo ini menawarkan pemandangan pesona matahari terbit dengan hamparan awan yang tidak kalah bagusnya dari gunung-gunung yang berada di Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Puncak Suroloyo :

Rekomendasi  Menikmati Indahnya Wisata Pantai Bandengan Jepara

Rp.5.000 / Orang

3. Wisata Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo berlokasi di Nglinggo, Samigaluh, Kulon Progo. Wisata Kulon Progo Jogja ini menyuguhkan pemandangan alam yang asri dengan berupa pemandangan kebun teh, hamparan hutan pinus, dan pemandangan bukit-bukit yang berada disekitarnya. Selain duduk santai di puncak pegunungan sambal menikmati segarnya es kelapa muda, para wisatawan juga bisa mencoba naik ke bukit-bukit yang ada di kebun teh Nglinggo.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Nglinggo :

Rp. 3.000 / Orang

4. Wisata Puncak Gunung Lanang

Photo by @rinaa_nvs

Wisata Kulon Progo berikutnya yaitu Puncak Gunung Lanang yang menyajikan pemandangan hijaunya bagian paling barat Jogja. Untuk dapat sampai ke Puncak Gunung Lanang tersebut, pengunjung harus meniti banyak anak tangga. Lokasi wisata Puncak Gunung Lanang ini berada di Dusun Sibolong, Desa Jatimulyo, Kecamatan Gurumulyo, Kulon Progo.

Harga Tiket Masuk Puncak Gunung Lanang : –

5. Wisata Kedung Pedut

📷@imanuel_yuda

KedungPedut termasuk salah satu wisata air terjun di Kulon Progo yang wajib dikunjungi dan bisa dibilang cukup baru. Tumpukan batu yang berpadu dnegan susunan batang bamboo menjadi wahana bermain air yang cukup seru. Lokasi Kedung Pedut ini berada di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta.

Harga Tiket Masuk Kedung Pedut :

Rp.5.000 / Orang

6. Wisata Air Terjun Perawan Sidoharjo

Photo by @stevenbino

Wisata alam Kulon Progo berikut yaitu Air Terjun Perawan Sidoaharjo terletak di Dusun Gonolangu, Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo. Air terjun ini sering disebut juga Air Terjun Samigaluh dan disebut perawan karena airnya jernih, dingin dan didasar air terjunnya terdapat beraneka ragam tanaman bunga. Untuk menuju ke lokasi air tejrun perawan sidoharjo, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 5 km dari Pasar Dekso.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Perawan Sidoharjo : –

7. Wisata Air Terjun Grojogan Sewu

Photo by @fandi_d

Wisata air tejrun di Kulon Progo ini berlokasi di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo. Air terjun Grojogan Sewu menawarkan pemandangan air terjunnya yang sangat indah dan menawan, sehingga sangat cocok bagi anda untuk mengisi liburan akhir pekan bersama teman maupun keluarga.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Grojogan Sewu : –

8. Wisata Waduk Sermo

📷 by @nuvantara

Waduk Sermo terlatak di Dusun Sermo, Hargowilis, Kokap Kabupaten Kulon Progo. Selain sebagai destinasi wisata Kulon Progo, Waduk Sermo juga menjadi tempat favorit bagi yang hobi memancing.

Rekomendasi  9 Wisata Pantai Kabupaten Tulungagung

Harga Tiket Masuk Waduk Sermo :

Rp. 5.000 / Orang

9. Wisata Pantai Glagah

📷 from @susidarto

Pantai Glagah adalah tempat wisata pantai Kulon Progo yang cukup popular. Berjarak skeitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta. Pantai Glagah menyajikan pemandangan ombak, hamparan pasir, dan dilengkapi dengan beberapa fasilitas yang akan membuat anda betah di Pantai Glagah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Glagah :

Rp. 5.000 / Orang

10. Wisata Pantai Trisik

Photo by @luckyalvi

Wisata pantai kulon progo berikutnya yaitu Pantai Trisik. Di dekat pantai Trisik ini terdapat sejumlah persawahan dan juga kebun kelapa milik warga sekitar yang terhampar hijau. Selain itu di pantai Trisik juga terdapat sejumlah pelelangan ikan yang bisa dikatakan sebagai jantungnya para nelayan di Kulon Progo.

Harga Tiket Masuk Pantai Trisik :

Rp. 2.000 / Orang

11. Wisata Pantai Bugel

Pantai Bugel termasuk salah satu wisata pantai Kulon Progo yang masih sepi dari pengunjung. Pantai Kulon Progo ini terletak diantara Pantai Trisik dan Pantai Glagah. Jadi untuk masalah rute pantai bugel ini bisa mengikuti jalur kedua pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Pantai Bugel : –

12. Wisata Pantai Congot

Photo by @luckyalvi

Pantai Kulon Progo yang satu ini berada di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kulon Progo. Lokasi Pantai Congot sangat mudah dijangkau, selain kondisi jalannya yang cukup baik, pantai ini juga tidak jauh dari jalan raya.

Harga Tiket Masuk Pantai Congot : –

13. Wisata Gunung Ijo

Photo by @annisadewi_delinda

Tempat wisata di Kulon Progo ini berad di dalam dua wilayah yaitu antar Kulon Progo dan Purworejo serta merupakan perbatasa daerah antara Jawa Tengah dan Yogyakarta, lebih tepatnya lagi berada di Desa Plampang, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Di Puncak Gunung Ijo ini anda dapat melihat pemandangan disegala penjuru,

Harga Tiket Masuk Gunung Ijo :

Rp. 5.000 / Orang

14. Wisata Waduk Mini Kleco

Photo by @al15photo

Waduk Min Kleco adalah salah satu objek wiasta di Kulon Progo yang asyik untuk dikunjungi. Waduk ini terletak di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo. Tempat wisata di Kulon Progo ini bisa anda jadikan sebagai pengisi liburan akhir pecan bersama teman maunpun keluarga.

Rekomendasi  Wisata Pulau Gili Labak Sumenep, Surga Tersembunyi Di Madura

Harga Tiket Masuk Waduk Mini Kleco : Gratis

15. Wisata Goa Kiskendo

Photo by @alverdo_p

Goa Kiskendo berada di Kabupaten Kulon Progo menawarkan pemandangan alam yang sangat indah berupa stalagtit dan stalagmit yang terdapat didalam goa yang membentuk gugusan. Menurut mitos yang beredar, Goa Kiskendo ini merupakan tempat pertempuran antara Maesosuro melawan Sugriwo, dimana kisah pertempuran ini diceritakan didinding goa.

Harga Tiket Masuk Goa Kiskendo :

Rp. 3.000 / Orang

16. Wisata Wildlife Rescue Center

Photo by @emmalunding

Wisata Kulon Progo yang satu ini ialah tempat yang digunakan untuk menampung dan menyelamatkan beberapa satwa liar yang akan punah. Wildlife Rescue Center dulunya bernama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ). Koleksi satwa yang dipelihara didalamnya kebanyakan adalah orang utan yang saat ini keberadaannya sangat memprihatinkan.

Harga Tiket Masuk Wildlife Rescue Center :

Rp. 20.000 / Orang

17. Wisata Bendungan Ancol

Photo by @irfanromlin

Bendungan di Kulon Progo ini sebenarnya bernama Bendungan Van Der Wijck yang dibangun pada tahun 1944. Berada di Dusun Pantog Wetan, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo. Bendungan Ancol ini menjadi pemabatas wilayah Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Sleman. Wisata Kulon Progo menawarkan hawa yang sejuk sejuk ditambah lagi dengan pemandangan yang cukup menakjubkan membuat para pengunjung betah berlama-lama di bendungan tersebut.

Harga Tiket Masuk Bendungan Ancol : –

18. Wisata Arung Jeram Sungai Progo

Photo by @joseaditya

Arung Jeram Sungai Progo adalah salah satu wisata favorit bagi para wisatwan yang hobi dengan arum jeram. Berjarak sekitar 17 km dari kota Jogja dan bisa dilalui denga kendaraan selama 25 menit menuju base camp.

Harga Tiket Masuk Arung Jeram Sungai Progo :

Rp. 30.000 / Orang

19. Wisata Puncak Widosari

Photo by @tuti_yuniarti

Puncak Widosari menjadi lokasi wisata Kulon Prgo terfavorit bagi anak muda nongkrong, karena pemandangannya berupa formasi puncak unik yang dikelilingi oleh hijaunya perkebunan. Puncak Widosari berlokasi di Padukuhan Tritis, Ngargosari, Samigaluh, Kulon Progo.

Harga Tiket Masuk Puncak Widosari :

Rp. 5.000 / Orang

Itulah beberapa referensi wisata Kulon Progo Jogja yang dapat kami sajikan kepada anda. Sekian dulu dari kami terima kasih dan selamat berlibur 🙂

Apakah Artikel ini Bermanfaat ?