Objek Wisata Lombok Barat Part 1

Di wilayah kekuasaan Kabupaten Lombok Barat ada beberapa Obyek wisata Lombok yang memilik daya tarik dan potensi yang tinggi untuk di kembangkan sebagai destinasi pariwisata / tujuan wisata yang tersebar dalam + 49 objek wisata dengan beragam karakteristik dan keunikan masing masing. Sebagian besarnya merupakan objek wisata baru yang belum banyak di ekspose media.

Objek wisata Lombok Barat yang saya bahas kali ini bisa di kelompokkan dalam 4 kategori, yakni Wisata Sejarah dan Budaya , Wisata Alam, Wisata Religius dan Wisata Buatan. Masing masing akan saya rincikan lagi berdasarkan kategorinya dan insya Allah akan saya bahas di postingan berikutnya :

WISATA SEJARAH DAN BUDAYA

Wisata Sejarah Taman Narmada

Photo by @rifkiherman8

Taman Narmada terletak sekitar + 10 Km dari jantung Kota Mataram, berada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada dengan luas sekitar 2 Hektar. Taman Narmada adalah objek wisata berupa sebuah taman air yang merupakan replika atau gambaran Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak. Selain sebagai tempat wisata, taman ini juga menjadi salah satu tempat yang di anggap “keramat” oleh sebagian besar masyarakat Lombok karena di percaya bisa menjadikan seseorang yang mandi disana menjadi tetap awet muda, dan sampai saat ini Taman Narmada lalu dijuluki sebagai Taman “Air Awet Muda”.

Di bangun oleh Raja Anak Agung Gde Ngurah Karang Asem pada tahun 1727 silam dengan tujuan sebagai tempat pelaksanaan upacara Pakelem yang rutin di selenggarakan setiap purnama kelima tahun Caka (sekitar bulan Oktober – November). Selain sebagai tempat upacara, Taman Narmada juga dijadikan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja pada saat musim kemarau tiba. Nama “Narmada” sendiri diambil dari kata “Narmadanadi” yang merupakan anak Sungai Gangga yang di anggap sangat suci oleh umat Hindu di wilayah India. Sedangkan nama Pura yang ada di dalam taman ini juga diambil dari nama sebuah sungai suci di India yang merupakan tempat memuja Shiwa, yakni Pura Kalasa.

Rekomendasi  Tempat Wisata Di Daerah Kulon Progo Jogja dan Tiket Masuk

Karena area bangunan taman yang lumayan luas, Taman Narmada dibagi dalam beberapa bagian utama yaitu gerbang utama, gapura gelang/paduraksa, mukedes , jabalkap, telaga kembar, balai terang , telaga padmawangi, balai loji , balai bancingah, patandaan, bangunan sakapat, Pura Lingsar dan Pura Kelasa.

Pura Lingsar dan Kemaliq

Photo by @neeshakrish

Lingsar merupakan objek wisata Lombok yang mempunyai dua area yang menjadi andalan oleh Suku Sasak dan Umat Hindu di Pulau Lombok. Yang pertama adalah komplek “Kemaliq” yang menjadi tempat keramat untuk suku asli Sasak, di dalamnya ada sebuah tempat / area yang disebut “Kelebutan” yang dianggap sebagai tempat hidupnya seekor belut putih yang dianggap keramat.

Yang Kedua adalah Pura Lingsar yang merupakan tempat beribadah untuk Umat Hindu. Biasanya digunakan untuk upacara upacara keagamaan Kemaliq dan Pura Lingsar. Kedua area ini dibangun pada tahun 1759 yang lalu.

Masjid Kuno bayan.

Photo by @arix_lombok

Sesuai dengan namanya, Objek wisata Lombok yang satu ini berupa sebuah masjid yang terletak di kampung Karang Bayan (Sekarang sudah memisahkan diri menjadi Kabupaten Lombok Utara). Menurut sejarah babad Lombok, Karang Bayan adalah salah satu kampung yang dibangun dengan ritual tertentu, yakni sebuah ritual yang awali dengan upacara “peletakan Batu Bara” (Bangara) yang dilakukan oleh orang pertama yang datang di daerah ini.

Di Karang Bayan, ada sebuah masjid yang dibangun sebagai tempat ibadah para sespuh dan pemuka agama yang dulu menganut faham “Wetu Telu”. Di lengkapi dengan sebuah bilik dapur yang digunakan hanya pada saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurut perkiraan Masjid Kuno ini sudah berumur 300 tahun lebih dan masih Awet sampai sekarang..Di sekeliling Masjid Kuno anda akan melihat beberapa rumah adat yang dibangun sebagai tempat tinggal para warga.

Rekomendasi  Keindahan Wisata Pulau Umang Di Banten, Pulau Kecil Dan Eksotik

WISATA ALAM LOMBOK BARAT

Pantai Sengigi dan sekitarnya

Photo by @husen_bizma

Pantai Senggigi adalah sebuah area resort dan perhotelan yang paling tertekenal di Lombok. Dengan pasir putih yang begitu elok sepanjang garis pantai sebagai ciri khas nya. Terletak di sebelah utara ibukota Nusa Tenggara Barat dengan jarak + 10 Km yang bisa ditempuh selama 10menit perjalan kendaraan bermotor. Sepanjang jalan menuju Pantai Senggigi, anda akan disuguhkan oleh keindahan pantai laguna, panorama perbukitan dengan nuansa alam yang menghijau, juga dengan Sunset View yang indah di sore hari.

Beberapa infrastruktur dan fasilitas yang dikembangkan di wilayah ini sudah lumayan memadai, mulai dari deretan Hotel berbintang-nya, Hotel Melati, Art Shop, Rumah Makan dan Restaurat serta hiburan malam yang menjadi incaran banyak Tourist. Disamping itu, Objek Wisata Senggigi juga sering dipergunakan sebagai tempat pelaksanaan event event besar kebudayaan, salah satunya adalah Festival Sengigi.

Kecamatan Sekotong

Photo by @pradnyana_raditya

Kecamatan Sekotong Berjarak + 60 km dari jantung Kota Mataram dan terkenal dengan eksotisme serta keindahan pantainya yang berpasir putih, bersih, dan menawarkan pesona alam yang luar biasa. Seperti objek wisata Lombok Barat lainnya, Kecamatan Sekotong menawarkan beberapa pilihan pantai pantai andalannya untuk di kunjungi, sebut saja Pantai Bangko-bangko, Pengantap, Pantai Mekaki, Elak-Elak, Pantai Sepi dan beberapa pulau pulau kecil (yang disebut Gili) antara Gili Gede, Gili Poh, Gili Lontar, Gili Nanggu, Gili Rengit, Gili Sudak, Gili Tangkong, Gili Layar, Gili Asahan, Gili Genting dan Gili Goleng. Gili-gili atau pulau kecil tersebut merupakan sebuah tempat yang begitu indah dan masih perawan, karena yang di kenal oleh sebagian wisatawan hanya Gili Nanggu saja.

Hutan Lindung Sesaot

Photo by @aprianaa_99

Sesaot merupakan hutan wisata yang dilindungi pemerintah. Menyuguhkan nuansa yang betul betula masih alami, asri dan sangat indah. Hutan ini akan dipadati pengunjung ketika liburan sekolah tiba. Biasanya dipakai untuk acara atau kegiatan ekstrakurikuler outbond yang di adakan untuk mengisi masa liburan sekolah. Tidak jauh dari tempat ini, anda akan menjumpai sebuah sungai asri yang di sebut “Aiq Nyet”. Sebuah sungai yant tidak pernah mengalami kekeringan di musim kemarau sekalipun. Keaslian dan nuansa “bebas polusi” yang disuguhkannya menjadi nilai plus tersendiri untuk kawasan ini.

Rekomendasi  9 Tempat Wisata di Flores yang Populer dan Mendunia

Selain udara sejuk dan view hutan belantara yang mendamaikan hati, di tempat wisata ini anda juga akan disuguhkan beberapa jenis makanan khasPulau Lombok seperti Sate Bulayak, Pelecing Kangkung maupun Urap Urap.

Lanjut Part 2 di sini