Keindahan Wisata Gunung Bromo Yang Mendunia

Wisata Gunung Bromo – Gunung Bromo adalah gunung berapi yang masih aktif dan sangat terkenal sebagai objek wisata di Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan sebuah objek wisata yang memiliki daya tarik tersendiri karena statusnya sebagai gunung berapi dan juga yang masih aktif.

Gunung ini memiliki tinggi 2.392 meter di atas permukaan laut dan itupun berada dalam empat wilayah, yaitu pada Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Malang dan Pasuruan. Tubuh Gunung Bromo ini berbentuk tautan antara lembah dan ngarai dengan lautan pasir yang memiliki luas sekitar 10 km.

Gunung Bromo memiliki kawah dengan garis tengah ± 800 meter dan ± 600 meter Sedangkan daerah bahayanya adalah lingkaran yang memiliki jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo tersebut.

Gunung Bromo adalah destinasi wisata yang sangat dikenal luas, baik dari wisatawan domestik atau dari mancanegara. Pada puncak Gunung Bromo, anda bisa mendapatkan langsung pemandangan matahari terbit atau sunrise, merupakan salah satu yang paling memikat di Indonesia. Gunung Bromo juga salah satu bagian yang membentuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Salah satu hal yang sangat wajib diketahui ialah suhu udara pada puncak Gunung Bromo ini bisa berkisar antara 2º sampai 20º Celcius. Dan kondisi seperti ini merupakan bagian yang paling unik yang pernah ada pada salah satu tempat yang paling menarik di kota Jawa Timur ini.

Pesona Wisata Gunung Bromo

Photo by @_travelbuddies_

Waktu yang sangat baik untuk mengambil perjalanan wisata ke Gunung Bromo ialah sekitar pada bulan Mei, Juni sampai Oktober. Sebab pada bulan ini merupakan musim kemarau pada daerah Gunung Bromo tersebut.

Rekomendasi  Objek Wisata Baru yang Unik dan Hits di Tasikmalaya

Dengan begitu, anda bisa melakukan eksplorasi wisata Gunung Bromo secara lebih sangat leluasa, dan dapat memberi rasa aman dan kenyamanan dalam melakukan perjalanan wisata itu.

Akan tetapi, kunjungan wisata Gunung Bromo juga dapat memperlihatkan statistik yang lumayan ramai dalam periode waktu selain bulan Juni sampai Oktober.

Mungkin bagi orang yang belum mengetahui indahnya Gunung berapi ini akan bertanya-tanya mengapa Gunung Bromo banyak sekali dikagumi kalangan sebagai salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sangat favorit ? karena untuk kalangan pencinta wisata gunung, melakukan tujuan wisata ke Bromo merupakan salah satu yang masuk di dalam daftar kunjungan mereka.

Apabila anda sudah sampai pada puncak Gunung Bromo, anda bisa menyaksikan kawah dengan sebuah pemandangan yang sangat indah.

Photo by @faizz_photography

Pada Puncak Penanjakan, salah satu spot favorit wisata yang berada di Gunung Bromo, anda bisa langsung menyaksikan terbitnya matahari atau sunrise dengan sangat jelas dan juga sangat indah sekali. Ini merupakan panorama alam yang sangat memikat yang akan anda dapat di tempat wisata alam Gunung Bromo ini.

Maka dari itu, Puncak Penanjakan juga sangat banyak dikenal wisatawan dengan tempat melihat sunrise yang paling memikat di Gunung Bromo tersebut.

Selain sunrise, hamparan pasir yang cukup luas laksana gurun yang terlihat sungguh mengagumkan di kawasan Bromo. Pada saat matahari mulai kembali ke asalnya, hamparan pasir Gunung Bromo ini nampak terlihat jelas sangat menawan dengan warna jingga yang menyelimutinya.

sunrise at gungung bromo
Photo by @lonelyplanet

Pemandangan indah seperti ini bahkan juga bisa anda lihat dari Cemorolawang, yaitu merupakan sebuah pintu masuk ke area wisata Gunung Bromo.

Destinasi di Gunung Bromo:

– Gunung Bromo
– Gunung Batok ( view )
– Bukit Widodaren (optional)
– Kawah Bromo
– Penanjakan Bromo (point sunrise)
– Pasir berbisik
– Padang Savana (Bukit Telletubies)
– Pura Bromo

Rekomendasi  10 Destinasi Wisata Paling Menakjubkan di Kalimantan

Transportasi ke Gunung Bromo

Untuk sampai pada wisata Gunung Bromo ini, anda harus tiba di bandara udara Juanda Surabaya apabila anda menempuh perjalanan udara. Dari bandara juanda, anda bisa memesan kendaraan yang bisa mengantarkan anda ke kawasan wisata Bromo ini.

Anda akan menempuh rute perjalanan ke Gunung Bromo kira-kira membutuhkan waktu 2-3 jam yang diawali dari Surabaya menuju Pasuruan lalu Wonokitri kemudian baru sampai Gunung Bromo.

Juga perlu diketahui, ada beberapa rute perjalanan untuk menuju Gunung Bromo tersebut.

  • Rute dari Pasuruan menuju Warung Dowo kemudian Tosari setelah itu Wonokitri baru sampai di Gunung Bromo, dengan jarak perjalanan sekitar 71 km.
  • Rute dari Malang menuju Tumpang kemudian Gubuk Klakah setelah itu Jemplang dan tiba di Gunung Bromo, dengan jarak tempuh 53 km.
  • Rute dari Malang yang melewati Purwodadi lalu Nongkojajar setelah itu Tosari kemudian tiba di Wonokitri sampai tiba di Penanjakan, dengan jarak 83 km.
  • Rute dari Probilinggo yang melewati kecamatan Tongas dan juga melewati objek wisata Air Terjun Madakaripura
  • Apabila anda memulai dari Probolinggo dan memakai angkutan umum, maka anda bisa tiba di kawasan Gunung Bromo ini via Cemorolawang. Gunakanlah bus dari Surabaya atau kota lainnya dan minta turun pada terminal Kota Probolinggo, lalu melakukan perjalanan yang dilanjutkan dengan naik Elf menuju Cemorolawang.

Demikian pesona keindahan Wisata Gunung Bromo semoga bermanfaat. Selamat Berlibur