Keindahan Pulau Komodo Dengan Sejuta Pesonanya

5/5 (1)

Wisata Pulau Komodo – Pulau Komodo terletak di Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau komodo ini adalah pulau habitat asli binatang komodo, komodo ialah sejenis kadal raksasa yang pemakan daging. Terdapat lebih 2.000 ekor komodo pada pulau komodo ini.

Baca Juga 9 Tempat Wisata di Flores yang Populer dan Mendunia 

Pulau Komodo mendapat penghargaan “New Seven Wonders of Nature” yang berate penghargaan bagi tujuh tempat wisata alam yang terbaik di dunia. Selain anda dapat melihat kehidupan hewan komodo di habitat aslinya ini, ada berbagai hal lain yang banyak dan dapat anda lakukan di Pulau Komodo ini :

Trekking

Trekking pulau komodo
Photo by @fcgweddings

Didalam pulau komodo tidak hanya berisi binatang komodo saja, Selain hewan komodo, juga banyak lagi binatang lain yang juga berada di pulau ini. Salah satu cara yang tepat untuk menikmati di pulau ini ialah dengan trekking.

Ketika trekking, anda juga akan diajak mendaki Gunung Ara yang mempunyai ketinggian 538 meter di atas permukaan laut. Dan juga melewati Water Hole yang merupakan tempat beristirahat dan minum para komodo. Ada empat jalur trekking sebagai pilihan untuk anda.

Panjang trekking ini sekitar 1 – 8 km hal ini tergantung juga jenis yang anda pilih. Selama trekking, anda juga akan didampingi pemandu sekaligus pawang komodo tersebut. Para pemandu akan member anda bekal anda tongkat yang pada ujungnya bercabang dua.

Tongkat ini berfungsi jika komodo menyerang atau mengejar tiba-tiba, maka ujung tongkat yang bercabang dua itu dipakai untuk menekan leher komodo.

Rekomendasi  10 Tempat Wisata Terbaik di Lampung Yang Sangat Populer

Menyelam dan snorkeling

snorkeling pulau komodo
Photo by @siabejalanmulu

Didalam pulau komodo tidak hanya menawarkan keindahan pada daratan saja, akan tetapi bawah laut pun juga tidak kalah indah. Pessona bawah laut Pulau Komodo ini juga dikatakan sebagai salah satu lokasi menyelam yang terbaik di dunia.

Pada saat anda melakukan penyelaman atau snorkeling di pulau ini, anda bisa melihat keindahan pesona laut yang kaya dan beragam sekali. Apabila anda ingin melakukan wisata ke pulau komodo dan ingin melakukan penyelaman, berikut merupakan tiga titik menyelam yang terbaik di Pulau Komodo :

a. Batu Samsia

Batu Samsia merupakan salah satu titik favorit untuk menyelam. Anda dapat menyusuri nya dan bisa berinteraksi langsung dengan kura-kura, dan beragam hewan laut lainnya.

b. Toko Toko

Istana batu dalam air disebut juga Toko Toko. Berada pada 7 meter di bawah permukaan laut, anda pun dapat menikmati pesona keindahan terumbu karang dengan berbagai warna dan beragan ikan kecil yang berenang pada karang.

c. Crystal Rock

Titik ini juga merupakan favorit para penyelam. Pada tempat ini anda dapat menemukan katak ikan, Barramundi Cod, dan jenis lainnya pada kedalaman 5 meter.

Hal Menarik Lainnya Di Pulau Komodo

Pada pulau komodo ini terdapat satu pantai yang sangat unik sekali yaitu Pink Beach. Pink beach ini terkenal juga dengan nama Pantai Merah Muda, akan tetapi warga sekitar lebih senang menyebut dengan sebutan Pantai Merah.

Pink Beach
Photo by @@ingerhelenej

Pink beach mempunyai pasir pantai berwarna merah muda, uniknya warna tersebut akan berubah semakin jelas ketika pasir basah terkena ombak. Menurut para peneliti, terbentuknya warna merah muda ini disebabkan serpihan koral yang hancur dan bercampur pasir pantai.

Rekomendasi  Objek Wisata di Surabaya Paling Populer

Ada tujuh pantai didunia yang mempunyai pasir merah muda dan salah satunya berada di pulau komodo ini. Keindahan pink beach ini bukan hanya pada warna pasirnya yang berwarna unik. Namun, alam bawah laut pun tidak kalah indahnya juga.

Transportasi Menuju Pulau Komodo ?

Untuk menuju Pulau Komodo, anda dapat menggunakan jalur penerbangan dari Bali menuju Labuan Bajo yang merupakan gerbang utama untuk memasuki wisata Pulau Komodo ini. Setelah sampai di Labuan Bajo, anda baru akan melakukan penyebrangan menuju Pulau Komodo.

Selain memakai jalur udara pesawat, anda dapat pula menggunakan bis ataupun kapal PELNI dari bali. Dilihat dari biaya memanglah lebih murah memakai bis atau kapal PELNI, hanya saja anda harus ekstra sabar sebab perjalanannya pun juga akan memakan waktu yang cukup lama sekali.

Dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo, anda dapat menyewa kapal boat dengan harga sewa yang juga variatif karena tergantung jarak yang ingin anda tuju. Dalam hal ini anda juga harus pintar nawar supaya mendapat harga yang relatif tidak terlalu mahal.

Untuk akomodasi, rumah penjaga Taman Nasional Komodo dapat pula dijadikan tempat bermalam, fasilitas yang disediakan pun juga cukup memadai sehingga anda dapat beristirahat dengan nyaman. Namun, wisatawan yang datang ke tempat wisata ini kebanyakan lebih memilih menginap di hotel yang berda di sekitar Labuan Bajo.

Itulah beberapa pesona keindahan dari Pulau Komodo semoga bermanfaat khususnya bagi anda yang akan berwisata ke pulau ini.

Apakah Artikel ini Bermanfaat ?