10 Destinasi Wisata Paling Menakjubkan di Kalimantan

10 Destinasi Wisata Paling Menakjubkan di Kalimantan – Pulau Kalimantan yang merupakan pulau terbesar di Indonesia dan ketiga terbesar di dunia ini dikenal juga dengan nama Borneo yang merupakan pusat sumber daya hayati terbesar di Indonesia, dan salah satu yang terbesar juga di dunia. Dengan sumber daya alam yang begitu besar menjadikan pulau Kalimantan ini memiliki destinasi wisata yang beragam dan menarik.

Inilah 10 tempat wisata menarik di Pulau Kalimantan.

Kepulauan Derawan

Photo by @widhi.candra

Kakaban, Maratua dan Sangalaki menjadi salah satu bagian dari Kepulauan Derawan di Kalimantan Timur. Kepulauan Derawan ini memiliki keindahan bawah lautnya yang sangat mempesona. Berenang bersama penyu dan manta raksasa, serta snorkeling di danau penuh jutaan ubur-ubur tanpa sengat, menjadikan aktifitas yang seru yang dapat anda rasakan di kepulauan derawan ini.

Kota Singkawang

Pantai Samudera Indah photo by @michael_hon2

Kota Singkawang yang berada di Kalimantan Barat ini memiliki pantai-pantai yang cantik, diantaranya yaitu Pantai Samudera Indah, Pantai Omong, Pantai Pasir Panjang dan Pantai Batu Payung. Selain Pantai anda juga dapat mengunjungi Taman Bukit Bougenville, Danau Biru yang mempesona, dan Sinka Island Park di Pulau Simping.

Taman Nasional Tanjung Puting

Photo by @lestarilidia

Salah satu taman nasional paling terkenal dengan konservasi orangutan yang bernama Camp Leakey. Lebih dari 800 jenis tumbuhan, 250 jenis burung, dan 30 jenis mamalia hidup di alam bebas. Susuri sungai yang membelah hutan dengan kapal klotok.

Rekomendasi  Daftar Tempat Wisata di Kepulauan Seribu

Kota Air Muara Teweh

Credit ksmtour.com

Di tepian Sungai Barito di Kalimantan Tengah, Anda dapat melihat berbagai deretan bangunan dan rumah terapung di atas air, beserta kehidupan sehari-hari masyarakat sekitar yang unik. Selain itu Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang menarik dari hijaunya hutan yang memanjakan mata.

Kota Martapura

Photo by @m_irwin_nurhasnan

Kota Martapura merupakan surganya bagi para pecinta batu permata. Dikota ini terdapat dua pusat perdagangan hasil olahan batu permata, yaitu Pasar Batu dan Pasar Cahaya Bumi Selamat. Berbagai perhiasan bertatahkan batu mulia dapat Anda temukan di pasar ini, selain batu permata anda juga dapat menemukan kain khas Sasirangan.

Pasar Terapung Muara Kuin

Photo by @indonesiatraveller_id

Pasar Terapung Muara Kuin ini adalah pasar yang telah menjadi ciri khas Kalimantan Selatan, letak pasar ini tidak jauh dari pusat Kota Banjarmasin, tepatnya berada di Sungai Kuin. Pasar ini memiliki keunikan dimana para pedangan menjajakan dagangannya di atas perahu-perahu jukung, dari mulai sayuran, buah-buahan, hingga menu khas Banjarmasin, dan Soto Banjar di jual di pasar ini.

Ekspedisi Gunung Kelam

📸 @daca_sompie

Petualangan yang seru dengan membuat anda bisa mencapai sebuah tempat terpencil yang indah akan dapat anda temukan disini. Tempat wisata ini berada di Taman Wisata Bukit Kelam, Kabupaten Sintang. Tempat wisata ini menyimpan legenda misterius yang sangat unik, mulai dari cerita Bukit Kelam hingga bebatuan unik yang diperkirakan merupakan pecahan meteor.

Ekspedisi Suku Dayak

Photo by @@6usti_anand4

Suku Dayak yang merupakan suku asli Kalimantan ini memiliki sebuah budaya yang menarik untuk dijelajahi. Bila Anda berkunjung kesini anda dapat melihat keindahan Danau Jempang, Sungai Ohong, Long Iram, bertemu suku Dayak Benuaq, hingga menginap di perahu. Jangan lewatkan juga untuk mencoba menyusuri Sungai Mahakam dengan kayak.

Rekomendasi  Wisata Pulau Gili Labak Sumenep, Surga Tersembunyi Di Madura

Bukit Penjamur

Photo by @kalbar_id

Bukit Penjamur ini merupaka sebuah bukit yang memiliki ketinggian 900 mdpl, letaknya berada di Kabupaten Bengkayang, sekitar 4 jam perjalanan dari Pontianak. Bukit Penjamur ini tengah menjadi primadona wisata yang ramai dikunjungi oleh kalangan pencinta alam. Dengan trek yang tidak begitu terlalu sulit, Bukit Penjamur ini menawarkan pemandangan lautan awan dan sunrise yang indah dan spektakuler.

Air Terjun Mananggar

Photo by @umihariati26

Air terjun mananggara yang banyak disebut juga mirip dengan air terjun niagara ini letaknya berada di Serimbu, sekitar 5 jam perjalanan dari Kota Pontianak. Air terjun ini terkenal karena lokasi air terjunnya berada di tengah rimba kalimantan, ditambah lagi anda dapat berinteraksi dengan masyarakat suku dayak yang akan menambah liburan anda semakin mengesankan.

Apakah Artikel ini Bermanfaat ?